Selasa, 03 Agustus 2010

Warga Temukan Cughup Baru

Pagar Alam – Kota Pagar Alam memiliki pesona wisata alam yang tak terhingga. Selain Gunung Dempo, terdapat juga puluhan air terjun (cughup) seperti baru-baru ini warga dikawasan luang indah, dusun gunung agung pauh kelurahan agung lawangan, kecamatan dempo utara menemukan satu lagi air terjun.
Cughup dengan ketinggian sekitar enam meter dari aliran air irigasi sluangan dan irigasi tong pipit ini diremukan oleh Stadian (40) warga setempat. Keberadaan cughup ini dinamakan warga Cughup Stadian, sesuai dengan nama penemunya. Stadian mengatakan, penemuan cughupini terjadi sekitar satu bulan lalu. Awal dirinya menemukan cughup ini, karena aktivitasnya sebagai petani yang setiap harinya menuntun langkahnya untuk ke kebun kopi dan sayuran di daerah tersebut.
Awalnya dari aktivitas sehari-hari saja berkebun, sekitar satu bulan lalu saya turun ke lokasi gunung indah ini, terdengar bunyi aliran air yang cukup deras dan terlihat lokasi cughup dengan ketinggian enem meter dari aliran air irigasi ini. Aliran air cughup ini lanjut Stadian bisa diatur karena mengikuti dersnya air dari irigasi sedangkan untuk lokasi sedikit terjl dan cukup deras, sehingga dibutuhkan suatu peluang tersendiri bila ke lokasi air terjun ini.
Sementara itu, Lurah Agung Lawangan Yahudin Saim SE MM didampingi Seklur Ali Akbar SE MSi membenarkan adanya penemuan cughup baru dilokasi kawasan lindung Luang Indah. “kita telah melakukan peninjauan cughup ini walaupun berada di sekitar daerah perbukian dengan lokasi yang cukup terjal dan menempuh jarak sekitar 15 menit dari jalan lintas, keberadaan cighup ini sangat indah, jelas Yahudin.
Kedepannya keberaan cughup ini akan dijadikan salah satu tempat wisata local di Kelurahn Agung Lawangan. “ Namun, untuk mewujudkan ini smua masih trkendala oleh akses jalan menuju cughup ini. Diharapkan nantinya pihak terkait bisa meninjau keberadaan cughup Stadian ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar